Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh

Daun Kelor

Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan daun yang satu ini, Daun yang memiliki nama latin Moringa Oleifera ini memiliki begitu banyak manfaat menakjubkan bagi tubuh. Daun kelor juga dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit.

Banyaknya manfaat daun kelor tak lepas dari kandungan yang ada didalamnya, seperti Zat Besi, Protein, Magnesium, senyawa Antioksidan dan lainnya.

Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan Anak dalam masa pertumbuhan untuk menkomsumsi Daun Kelor dikarenakan besarnya manfaat yang terkandung pada Daun Kelor.

WHO sendiri menyebut tumbuhan ini sebagai ‘Miracle Tree’ atau Pohon Keajaiban.

Berikut berbagai manfaat yang ada pada Daun Kelor.

1. Kaya Antioksidan

Antioksidan sendiri berguna untuk menangkal radikal bebas yang ada pada tubuh Kita.

Kadar radikal bebas yang tinggi meningkatkan resiko penyakit kronis dan berbahaya seperti hipertensi, stroke, diabetes mellitus tipe II hingga penyakit jantung koroner.

Sedangkan pada Daun Kelor memiliki beberapa zat yang bersifat Antioksidan, antara lain Vitamin-C, Beta-karoten, Quercetin dan Asam Klorogenat.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kelebihan kadar Gula Darah sangat berbahaya bagi kesehatan. Kadar gula darah yang tidak terkontrol meningakatkan berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit Jantung, Diabetes Type II, Ginjal dan lain sebagainya.

Menurut beberapa penelitian menunjukan Daun Kelor dapat menurunkan kadar gula darah. Namun sayangnya masih sedikit penelitian yang mengungkap manfaat Daun Kelor yang satu ini. Masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memperkuat penelitian yang ada.

3. Menyehatkan Mata

Daun kelor mengandung Vitamin-A yang baik bagi kesehatan mata, baik itu mata minus, mata plus, mata silinder bahkan katarak. Daun kelor  juga baik bagi penderita diabetes yang bermanfaat bagi kejernihan mata si penderita.

Bahkan Vitamin-A pada Daun Kelor di yakini 4x lipat lebih tinggi daripada wortel

4. Meredakan Peradangan

Peradangan adalah respon alami tubuh terhadap infeksi atau cedera pada tubuh. Dan ini merupakan mekanisme penting dalam pertahanan tubuh.

Namun peradangan kronis dapat meningkatkan resiko berbagai masalah kesehatan yang serius, misalnya gangguan jantung dan juga kanker. Pada daun kelor sendiri mengandung senyawa anti-inflamasi yang bernama Isothiocyanate.

Senyawa Anti-Inflamasi pada Daun Kelor dipercaya dapat mengurangi terjadinya peradangan pada tubuh manusia. Meski sampai saat  ini tingkat efektivitasnya masih terus diuji.

5. Mencegah Kanker

Daun Kelor yang mengandung Antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas didalam tubuh, sehingga tubuh tidak rentan terserang penyakit, termasuk kanker.

Diantara manfaat dari Daun Kelor adalah kemampuannya dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini membuat Daun Kelor bagus dalam membantu efektifitas kemoterapi.

Hal tersebut di karenakan pada Daun Kelor terdapat senyawa Niazimicin, yakni senyawa yang dapat memperlambat pertumbuhan  sel kanker.

6. Mengatur Kadar Kolestrol Dan Tekanan Darah

Manfaat Daun Kelor salah satunya adalah mengatur kadar Kolestrol dan Tekanan Darah.

Hal ini karena dalam Daun Kelor terdapat Zat Hiocarbamate Glikosida dan Nitrile yang mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Efek Samping Daun Kelor

Dari banyaknya manfaat Daun Kelor, tapi tetap saja segala sesuatu jika belebihan akan tidak baik bagi kesehatan, termasuk Daun Kelor.

Dengan banyaknya manfaat Daun Kelor , tetap ada efek samping Daun Kelor yang harus di perhatikan. Walaupun belum banyak penelitian yang menyebutkan efek samping dari menkonsumsi Daun Kelor dalam jangka panjang, namun tetap saja harus diperhatikan dari efek sampingnya.

Para Ahli menghawatirkan menkonsumsi Daun Kelor secara berlebih dapat menyebabkan Diare, Mual, dan Nyeri Ulu Hati.

Hindari juga bagian akar Daun Kelor, karena diyakini akar Daun Kelor tidak baik untuk kesehatan.

Walaupun Daun Kelor mempunyai begitu banyak manfaat bagi kesehatan, kalian harus tetap memperhatikan jumlahnya dalam menkonsumsi Daun Kelor, dan yang terbaik adalah selalu konsultasi pada Dokter terlebih dahulu.

Jangan sampai belebihan ya borr dalam menkonsumsi Daun Kelor!!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.