/ ISLAM

Keistiewaan dan Sunnah Hari Jumat

Hay gays, seperti biasa edisi malam jumat ngebahasnya yang adem adem, nah kali ini matakosong mau ngebahas keistimewaan dan sunnah di hari jumat.

“Hari terbaik di mana matahari terbit di hari itu adalah hari Jum’at. Di hari itu Adam diciptakan, di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jum’at” (HR. Muslim)

Jumat adalah hari istimewa bagi umat Muslim, Jumat juga salah satu hari ied dari tiga hari ied, yaitu iedul adha, iedul fitri, dan ied pekanan yaitu Hari Jumat.

Pada Hari Jumat, setiap laki laki muslim yang baligh diwajibkan menunaikan ibadah sholat jumat, kecuali mereka yang memiliki udzur syarie, seprti sakit dan safar.

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. AlJumu’ah: 9-10)

Selain kewajiban untuk menunaikan sholat jumat, ada juga nih amalan amalan sunnah yang sangat di anjurkan, apa aja?? cek kuy..

Memperbanyak Sholawat Nabi

Rosululloh sholallohu alaihi wassallam bersabda:

Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”. Para sahabat berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?” Nabi bersabda,Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa’i)

Membaca surah Al-Kahfi

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat AlKahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan meneranginya di antara dua Jum’at.” (HR. Hakim dalam Mustadrok, dan beliau menilainya shahih)

Memperbanyak dzikir kepada Alloh

Alloh ta’ala berfirman yang artinya;

 “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah…” (QS. AlJumu’ah: 9)

Tidak hanya dihari Jumat, bahkan kita dianjurkan untuk senantiasa berdzikir mengingat Alloh.

Memperbanyak Doa

Karna di hari jumat ada satu waktu yang mustajab, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh imam Bukhari dan imam Muslim.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari Jum’at kemudian berkata, Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.

Membersihkan diri dan mengenakan minyak wangi

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mandi Jumat

Rosululloh sholallohu alaihi wassalm bersabda : “Apabila salah seorang kalian berangkat solat jumat maka hendaklah mandi”(HR.Muslim) untuk lebih lengkap bisa lihat disini.

Memakai pakaian terbaik

kalo mau main aja ngusahain tampil maksimal, tentunya dihari jumat lebih lagi

Rosululloh solallohu alaihi wassalm bersabda, “Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat Jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani).

Bersegera menuju masjid

jalan jalan iya cepet, kalo ke mesjid jangan kendor ya gays, apalagi ampe telat. contoh nih shohabat Annas bin Malik, dimana dia mengatakan:

“Kami berpagi-pagi menuju sholat Jum’at dan tidur siang setelah shalat Jum’at” (HR. Bukhari).

Juga sabda Rosul “Jika tiba hari Jum’at, maka para Malaikat berdiri di pintu-pintu masjid, lalu mereka mencatat orang yang datang lebih awal sebagai yang awal. Perumpamaan orang yang datang paling awal untuk melaksanakan shalat Jum’at adalah seperti orang yang berkurban unta, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban sapi, dan yang berikutnya seperti orang yang berkurban kambing, yang berikutnya lagi seperti orang yang berkurban ayam, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban telur. Maka apabila imam sudah muncul dan duduk di atas mimbar, mereka menutup buku catatan mereka dan duduk mendengarkan dzikir (khutbah).” (HR. Ahmad dalam Musnadnya no. 10164)

Sholat Sunnah setelah sholat Jumat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apabila kalian telah selesai mengerjakan shalat Jum’at, maka shalatlah 4 rakaat.” Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata, “Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka shalatlah 2 rakaat di masjid dan 2 rakaat apabila engkau pulang.” (HR. Muslim, Tirmidzi)

Mudah mudahan bermanfaat, wassalam dan selamat menunaikan sunnah.

 

 

 

Tinggalkan pesan "Keistiewaan dan Sunnah Hari Jumat"

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.