20 menit sekali meletus, gunung Batutara menjadi objek wisata unik Indonesia

  • Agus Prayitno
  • Apr 29, 2018

Apa jadinya kalo gunung merapi di jogjakarta meletus setiap 20 menit sekali?? Weeh serem juga, tapi beda dengan salah satu gunung di Nusa tenggara timur (NTT), gunung ini bernama Batutara, atau lebih dikenal dengan sebutan pulau komba.

Gunung Batutara akan meletus setiap 20 menit sekali, tapi hanya letusan letusan kecil yang bukan termasuk letusan berbahaya, letusan pada gunung ini menghasilkan gelombang tsunami kecil dan mengeluarkan lava yang langsung mengalir kelaut.

Gunung Batutara pertama kali meletus pada 1847 dan 1952. Letusan itu menghasilkan ‘bom’ vulkanik disertai aliran lahar.

gunung batutara kembali meletus pada 1 Juli 2006, dan abu vulkaniknya naik sampai 5.000 kaki atau sejauh dua kilometer. Letusan itu menghasilkan abu sejauh empat kilometer, mirip seperti aktivitas Gunung Anak Karakatau. Sejak saat itu, Batu Tara sering meletus hingga puluhan kali dalam sehari.

karna keunikan ini gunung batu tara menjadi objekl wisata unik versi anugrah pesona indonesia.

Waktu paling baik untuk melihat keindahan letusan gunung batutara adalah saat malam hari atau pagi hari sebelum matahari terbit.

Untuk akses kita bisa menyewa perahu, lebih baik bersaama rombongan paling tidak 15 orang untuk meminimalisir pengeluaran tentunya, karna biaya sewa perahu bisa dibilang cukup mahal.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.