Hal-hal yang harus kamu bawa saat Mendaki gunung

Ritual mendaki gunung udah ngga asing lagi ditelinga kita, dari yang rada tua sampai yang masih bocah tidak sedikit mereka yang menggemari ritual yang satu ini nih..

Nah ngomongin mendaki gunung, apa aja sih yang perlu kita bawa saat mendaki? Berikut hal-hal yang akan matakosong.com rangkum.

1. Tas gunung (minimal 40 liter)

Membawa barang saat mendaki gunung itu memang gampang-gampang susah. Di satu sisi kita ingin membawa barang selengkap mungkin, di sisi lain isi tas kita terbatas.dikutip dari puppy traveler.

Dengan tas gunung tentunya cukup memenuhi barang barang yang kamu inginkan untuk dibawa.

Sebenarnya tergantung berapa hari kamu akan mnginap digunung, semakin lama tentunya barang bawaan yang diperlukan semakin komplex dan berkonsekuensi untuk menggunakan tas yang bermuatan super, tpi di tulisan kali ini matakosong.com hanya membahas barang-barang yang wajib kamu bawa maksimal dua hari, jadi 40 liter aja cukup.

2. Pakaian

Nah ini ni yang cukup ribet, karna pakaian ngga cuma baju, ada celana, jaket, kupluk/balaclava, dll. oke, selengkapnya kita lanjut dibawah.

Jaket . Minimal dua buah, jaket untuk beraktifitas dan untuk tidur. Kenapa harus dipisah? Karna saat mendaki kita cukup banyak mengeluarkan keringat yang akan diserap oleh jaket dan menyebabkan jaket menjadi basah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tentunya kita harus menggunakan jaket yang berbeda saat tidur.

Celana. minimal dua buah. untuk keterangan, tidak jauh dengan jaket, tapi… ada tapinya lhoh yah.. celana yang kita bawa sebaiknya jangan celana jeans, karna selain berat celana jeans juga susah kering jika basah.

Kaos minimal dua buah, kaos yang nyaman untuk mendaki dan hangat untuk tidur, ada baiknya jika kaos yang kita kenakan saat tidur berlengan panjang.

celana dalam. untuk beraktifitas dan untuk tidur.

Sarung tangan dua pasang bukan dua potong lho yah, untuk aktifitas dan tidur.

Kupluk/balaclava  Saat mendaki, balaclava sangat berguna untuk menyerap keringat sehingga tak perlu repot-repot menyeka keringat di kepala. Kupluk satunya lagi digunakan untuk melindungi kepala dari hawa dingin, khususnya bagian telinga yang mudah sekali kedinginan.

Sepatu gunung dan sandal gunung. Di beberapa tempat pendakian, kita diwajibkan mengenakan sepatu dan dilarang mengenakan sandal. Jadi, pastikan membawa sepatu sebelum mendaki gunung. Sandal gunung perlu dibawa untuk kepraktisan saat berada di area perkemahan.

Buff/masker/scarf/slayer (opsional, menjadi wajib ketika gunung yang didaki mempunyai suhu sangat dingin)

Oke untuk pakaian itu aja udah mencukupi sih.

3.Jas hujan 

Jas hujan biasanya dibawa saat musim hujan, tapi untuk berjaga-jaga ada baiknya tetap membawa jas hujan meski dimusim jarang goyang ehh jarang hujan koh..

4.Tenda

Tenda digunakan untuk berlindung dari dingin,angin,hewan, atau hal-hal yang akan mengganggu kita saat tidur.

5.sleeping bag

Kalo hawa dingin enaknya ya dipeluk yang anget-anget (ingett positif tinking lhoo) :p , sleepeng bag atau yang biasa disebut SB, digunakan untuk membungkus tubuh saat tidur, duh angeteh :p.

6.Matras

Untuk kenyamanan saat beristirahat sebaiknya kita mengenakan matras untuk alas, kalo kamu yang punggungnya kapalan mungkin ngga perlu kali yah wkwk

7.Makanan dan minuman

Ini sih udah pasti, kalo digunung banyak warteg sih ga masalah kalo ga bawa.

8.Senter

Senter dan headlamp sangat berguna memberi pencahayaan di kala gelap. Senter dari handphone tidak cukup kuat untuk membantu menerangi jalan, jadi jangan mengandalkan cahaya dari senter handphone ya. Bawa senter beneran atau headlamp instead of senter hape. Bawa batere cadangan secukupnya.

9.Alat makan

Alat makan akan berguna saat kita akan memasak dll yang berhubungan dengan makanan, tpi kalo makanan yang kita bawa SIAP SANTAP poin ini ngga perlu juga sih, karna cukup berat dan memakan ruang pada tas.

10.Tussue basah

Karna digunung yang justru biasanya jarang kita dapati mata Air, tissue basah wajib dibawa, kegunaannya antara lain untuk membersihkan alat makan, wajah, dan yang paling penting untuk istijmar atau bahasa kasarnya cebok, hihh kalo ane sendiri sih belum pernah ngalamin saat manjat terus BAB. :v

11. Kantong plastik

Kantong plastik sangat berguna dan wajib dibawa oleh para pendaki, karna kantong plastik biasa digunakan untuk membawa sampah, dan baju kotor, agar tidak tercampur dengan makanan, obat-obatan, dll.

12. Obat-obatan

Ini nih yang tidak klah penting, karna kita tidak bisa merencanakan untuk baik-baik saja saat mendaki, jadi ojo lali yo nduu.

Mungkin itu aja deh yang bisa matakosong.com rangkum, mungkin kamu punya kritik dan saran, boleh dicantumkan di kolom komentar. Wassalam, dan terimakasih telah mengunjungi web kami.

 

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *