Gunung api bawah laut indonesia

matakosong.com – Sebagaimana telah kita ketahui, Indonesia memiliki berbagai kekayaan alam yang tak ada habisnya jika kita hitung, baik di permukaan maupun bawah laut. Nah kali ini matakosong akan membahas sebagian gunung api bawah laut Indonesia yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber. Cekidot…

G. Benua wuhu

Gunung Benua wuhu adalah gunung berapi bawah laut yang terletak di Sebelah Barat daya P. Mangehetang, Kepulauan Sangihe, Propinsi Sulawesi Utara, dengan geografi  3º 08’16” LU dan 125º29’26” BT.

Gunung ini menjadi gunung berapi bawah laut tertinggi didunia, yaitu 3000m atau sekitar 10.000ft. dari permukaan laut kita cukup menyelam 5m  untuk mencapai puncak.

Kota terdekat dari gunung ini adalah kota Tagulandang, untuk mencapainya hanya bisa menggunakan perahu kecil semacam sekoci atau bisa menyewa dari penduduk Tagulandang, untuk penyelaman akan ditemani oleh orang yang sudah berpengalaman.

Keberadaanya mungkin kurang dikenal, namun existensinya cukup berharga bagi aset laut Indonesia.

Udara air laut disekitar Benua Wuhu cukup tinggi, dari puncak gunung sering kali mengeluarkan gelembung gelembung yang memiliki suhu sekitar 37-38°C.

Emperor of China

Emperor of china adalah gunung bawah laut Indonesia yang terletak di sebelah barat laut banda, dengan letak geigrafi 6°37′LU 124°13′BT / 6,617°LS 124,217°BT, dan berkedalaman 3.100-2700 dibawah permukaan laut.

Gunung api ini adalah bagian dari rangkaian gunung api Nieuwkerk, terakhir meletus tahun 1927 menurut wikipedia.

 Gunung Nieuwerkerk

Gunung Nieuwerkerk adalah saudara kembar gunung emperor of china yang membentuk gugusan NEC. Puncak gunung ini dari permukaan laut sedalam 2.285m. menurut wikipedia gunung ini terakhir meletus pada tahun 1927.

Kawio Barat

Diuratan keempat ada gunung Kawio Barat, merupakan gunung raksasa didunia yang dimiliki Indonesia, gunung api bawah laut Indonesia ini berada di kedalaman 1900 m dibawah permukaan laut, dengan ketinggian 3000 m dari dasar laut.

gunung ini berada di kepulauan Sangihe, Talud, Sulawesi Utara. pada perut gunung terdapat aliran belerang yang memiliki dua jenis warna hitam dan kuning kemerahan, dari warna tersebut bisa dibedakan suhu belerang cair yang keluar, uniknya adalah banyaknya sumber dan jenis kehidupan yang mengelilingi gunung dan menjadikan sumber-sumber aliran hydrothermal dari perut bumi sebagai sumber kehidupan. dikutip dari campur campur.

Nah itu dia sebagian gunung api bawah laut Indonesias yang masih asing ditelinga kita, ini masih sebagian loh.. belum yang lain lain, sebenernya banyak banget gunung bawah laut yang dimiliki Indonesia, tapi ini aja udah cukup buat nambahin wawasan kita ya gays..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *