Bekal sehat dan praktis untuk mendaki gunung

matakosong.com – Mendaki gunung bukanlah aktivitas biasa, bisa dibilang mendaki gunung adalah aktivitas extrim yang membutuhkan tenaga fisik cukup berat.

Oleh karna itu, kita membutuhkan asupan yang mencukupi kebutuhan energi pada tubuh kita yang tercakup dalam makanan sehat.

Tapi karna keterbatasan ruang pada tas, atau karna terlalu beratnya beban yang kita bawa, sebaiknya kita memilih makanan yang praktis namun mencukupi kebutuhan pada tubuh kita.

Oke, apa saja asupan yang praktis dan mencukupi kebutuhan tubuh kita? Berikut ulasan makanan sehat dan praktis oleh matakosong.com.

1. Coklat

Sering kali kita mendapati jalur-jalur extrim yang sangat menguras tenaga dan mood kita, untuk meningkatkanya kita perlu mengkonsumsi si item manis ini, karna coklat mengandung cukup kalori yang dapat meningkatkan tenaga, dan mengandung serotonin yang merupakan anti depresan alami untuk mendongkrak hormon endorfin dalam tubuh agar lebih tenang dan senang.

2. Oralit atau miniman berion agar tidak dehidrasi

Saat mendaki, kita cukup banyak mengeluarkan cairan, untuk menggantinya, kita perlu minum minimal dua gelas perjam, namun karna keterbatasan air, kita harus berhemat, tapi jangan khawatir karna dengan Oralit atau minuman yang berion, cairan tubuh kita akan tetap tercukupi.

3. Sereal

Seringkali kita merasa kurang puas setelah makan saat dipendakian, untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini, kita bisa mengkonsumsi sereal, karna sereal mengandung karbohidrat cukup tinggi, sehingga mencukupi kalori yang kita butuhkan, biasanya dalam satu ons sereal mengandung 113 kalori, jika kita campurkan dengan susu, maka kalori yang kita dapat sudah lebih dari cukup.

4. Madu

Kondisi alam yang sering kali berubah-ubah, bisa membuat tubuh cepat ambruk. Untuk mengatasinya, kita perlu mengkonsumsi madu, karna satu sendok madu mengandung 64 kalori, juga kaya akan zat besi dan kalsium yang akan menguatkan tulang dan otot. Dengan itu stamina yang hilang karna buruknya cuaca tergantikan.

Semoga pendakianmu menyenangkan, inget jaga selalu kebersihan dan kelestarian alam. wassalam dan jangan lupa update info-info lainya di matakosong.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *