10 hal yang wajib kamu hindari saat mendaki gunung

Bagi para pecinta alam, tentunya mereka yang udah berpengalaman, pastinya udah tau dong peraturan tak tertulis yang wajib dipatuhi saat mendaki gunung, tapi bagi kita yang masih baru-baru pastinya masih butuh wejangan dari kakak-kakak senior utk megetahui hal-hal yang wajib kita hindari saat mendaki gunung.

Berikut hal-hal yang wajib kamu hindari saat mendaki gunung.

1. Meremehkan medan pendakian

Sering kali pendaki pemula menyepelekan jalur pendakian, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu mencari info lebih banyak tentang medan gunung yang akan kamu daki, apalagi dizaman sekarang yang semakin mudah mencari info lewat shearching Google, jangan pelit-pelit deh buat keselamatan.

2. Mengandalkan orang lain

Duh, emang kamu doang yang merasa susah saat mendaki??salah satu alasan orang mendaki gunung, adalah untuk belajar mandiri, kalo kamu ngga pengen dipandang jelek sama temen kamu, kamu harus hilangin sifat manja kamu.

3. Membuang sampah sembarangan

Kalo kamu ngaku pencinta alam, harusnya kamu udah tau dong, peraturan yang satu ini, untuk tetap menjaga keasrian dan kesejukan gunung, kamu harus tetap menjaga lingkungan ya gaes.

4. Jangan mengambil apapun kecuali foto

Nah ini nih yang biasanya pendaki pada gatel, untuk menjaga kelestarian alam, jangan sampe kamu mengambil atau membunuh makhluk hidup digunung yang dilestarikan ya gaes, kalaupun ada pendaki lain yang melanggar, ya kamu jangan ikut-ikutan, justru harusnya kamu ngingetin mereka.

5. Istirahat terlalu lama

Istirahat emang diperlukan, tapi kalo terlalu lama, bisa-bisa berakibat fatal, karna suhu tubuh akan menurun drastis, dan sulit untuk stabil kembali.

6. Bercanda berlebihan atau berkata kotor

 

Bercanda sih boleh-boleh aja, karna dengan bercanda akan menghilangkan sedikit rasa lelah dan letih, tapi jangan sampai berlebihan ya gaes, disamping membahayakan juga mengganggu makhluk asal atau penduduk pribumi, baik yang nampak maupun yang gaib, juga jangan lupa nihh, jangan pernah berkata kotor, disamping mengganggu si pendengar, juga setiap apa yang kita ucapkan, akan dicatat malaikat gaes, wkwk.

7. Jangan ceritain hal aneh yang kamu alami saat pendakian, kecuali setelah turun.

Karna alam di gunung menyimpan banyak misteri, sebaiknya kamu banyak berlindung pada tuhan masing-masing, tapi jika kamu mengalaminya, sebaiknya kamu simpen dulu agar tidak membuat rekanmu merasa takut.

8. Jangan membuat api unggun

Sebanarnya, api unggun diperlukan untuk menghangatkan suasana saat cam, tapi, untuk keamanan dan mencegah terjadinya kebakaran lebih baik dihindari, apalagi disaat ini sudah banyak toko-toko yang menjual kompor untuk mendaki, yang tentunya lebih praktis dari api unggun.

9. Menininggalkan temanĀ 

Emag sih, kadang ada aja temen yang lemot saat mendaki, apa malah kamu yang lemot? Wkwk, sebaiknya jaga jarak dengan teman, jangan sampai ninggalin, ntar kalo dia ilang giman?? Yang repot kan kamu juga, jangan sampai terbawa ego untuk menggapai puncak, temen kamu jauh lebih berharga.

10. Jangan mengabaikan himbauan petugas

Directory Ticino Away Monte Zucchero Signposts

Himbauan petugas, kadang dirasa membebani bagi sebagian pendaki, tapi itu semua adalah untuk keselamatan dan ketertiban kita, jadi jangan sampai mengabaikan himbauan petugas, apalagi ampe jadi pendaki illegal.

Nah itu dia, hal yang wajib kamu hindari saat mendaki gunung, dari kakak-kakak senior kita,semoga bermanfaat, jadi jangan sampai dilanggar ya gaes. Wassalam, dan terimakasih telah mengunjungi website kami, dan jangan lupa update info-info lainya diĀ MATAKOSONG.com.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *